MENCOBA BERTAHAN SEKUAT HATI, LAYAKNYA KARANG YANG DI HEMPAS SANG OMBAK
Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 18 September 2012

PENGERTIAN DEPOSITO

DEPOSITO

Pengertian Deposito

Secara umum di Indonesia, deposito identik dengan simpanan deposito berjangka atau time deposit. Deposito adalah produk bank yang memberikan bunga lebih tinggi dari simpanan biasa, bila anda menyimpan uang tersebut dengan jangka waktu tertentu. Simpanan deposito hanya bisa ditarik setelah jangka waktu tertentu.

Deposito atau yang sering juga disebut sebagai deposito berjangka, merupakan produk bank sejenis jasa tabungan yang biasa ditawarkan kepada masyarakat. Dana dalam deposito dijamin oleh pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dengan persyaratan tertentu.

Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu di mana uang di dalamnya tidak boleh ditarik nasabah. Deposito baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya, biasanya deposito mempunyai jatuh tempo 1, 3, 6, atau 12 bulan. Bila deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan kena penalti.


Deposito juga dapat diperpanjang secara otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over). Deposito akan diperpanjang otomatis setelah jatuh tempo, sampai pemiliknya mencairkan depositonya.
Bunga deposito biasanya lebih tinggi daripada bunga tabungan biasa. Bunga dapat diambil setelah tanggal jatuh tempo atau dimasukkan lagi ke pokok deposito untuk didepositokan lagi pada periode berikutnya. 

Apa itu ARO (Automatic Roll Over)?
ARO adalah sistem perpanjangan deposito secara otomatis setelah jatuh tempo. Perpanjangan dilakukan untuk jangka waktu dan nominal yang sama.

Apa itu ARO+?
ARO+ adalah sistem perpanjangan deposito dan bunga secara otomatis setelah jatuh tempo. Cara perhitungannya adalah Nominal deposito yang baru = nilai nominal sebelumnya + bunga deposito.

Syarat membuat deposito?
Tiap bank memiliki syarat yang berbeda-beda. Secara umum syarat utama yang diperlukan adalah kartu identitas seperti KTP, SIM atau paspor.
Berapa minimal dana untuk membuat deposito?
Tiap bank mensyaratkan dana minimal yang berbeda-beda, ada yang minimal 1 juta rupiah, ada yang minimal 10 juta rupiah. Pada umumnya minimal dana yang ditempatkan antara 8-10 juta rupiah.

Berapa lama jangka waktu deposito?
Jangka waktu deposito berbeda-beda tiap bank. Jangka waktu deposito biasanya 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Semakin lama jangka waktunya biasanya bunga depositonya lebih tinggi.

Berapa bunga deposito?
Bunga deposito berbeda-beda tiap bank, namun pada umumnya lebih tinggi daripada simpanan biasa. Agar deposito aman pastikan bunganya tidak lebih dari bunga yang dijamin oleh LPS. Pada saat tulisan ini dibuat bunga deposito maksimal yang dijamin adalah 6%.
Informasi bunga yang dijamin dapat dilihat di LPS (Lembaga Penjamin Simpanan).

Apakah deposito dijamin keamanannya?
Secara umum deposito di bank aman karena dijamin oleh LPS. Namun perlu diingat, ada syarat agar deposito tersebut dijamin oleh LPS. Syarat deposito anda dijamin oleh LPS antara lain:

1. Jumlah maksimum uang yang disimpan di bank tersebut (tabungan + deposito) tidak boleh melebihi batas jaminan LPS. Pada saat tulisan ini dibuat, batas maksimum uang yang dijamin adalah 2 Milyar rupiah.

2. Bunga deposito tidak boleh melebihi suku bunga penjaminan. Pada saat tulisan ini dibuat, batas maksimum suku deposito adalah 6%.
Informasi lebih lanjut tentang batas jaminan dan suku bungan penjaminan bisa dilihat di LPS.


Lebih baik membuat deposito di mana? Di bank, asuransi, atau perusahaan keuangan non bank?

Biasanya bunga deposito di asuransi atau perusahaan keuangan non bank, bunganya lebih tinggi daripada bunga deposito di bank.
Anda boleh saja menyimpan di sana, namun harus tahu resikonya. Simpanan selain di bank tidak dijamin oleh LPS, jadi bila asuransi atau perusahaan tersebut bangkrut maka uang anda hilang.
Untuk lebih amannya sebaiknya membuat deposito di bank saja, sesuai dengan syarat penjaminan di bagian sebelumnya.

Apakah deposito dapat dicairkan sewaktu-waktu?

Pada umumnya deposito tidak dapat dicairkan sewaktu-waktu. Deposito bisa dicairkan pada saat jatuh tempo. Mencairkan deposito sebelum kena jatuh tempo bisa kena penalti/denda yang cukup besar.

Apakah deposito dapat dijadikan jaminan kredit?

Deposito pada umumnya bisa dijadikan jaminan kredit. Kredit semacam ini biasanya disebut back to back loan. Deposito akan diblokir selama kredit masih berlangsung. Keuntungan dari back to back loan antara lain bunga kredit biasanya lebih kecil dari bunga kredit umum, karena sudah dikurangi dengan bunga deposito.

Apakah deposito bisa dicairkan oleh orang lain?

Deposito tidak dapat dicairkan oleh orang lain. Deposito hanya bisa dicairkan oleh orang yang namanya sama dengan di sertifikat deposito berjangka.

Apa beda deposito berjangka dan sertifikat deposito?

Deposito Berjangka, adalah simpanan yang hanya bisa ditarik oleh penyimpan yang memiliki nama sama. Deposito berjangka tidak bisa dipindahtangankan, tidak bisa diperjualbelikan dan hanya bisa ditarik pada saat jatuh tempo.
Setelah anda membuat deposito, anda akan diberi sebuah sertifikat, sertifikat tersebut adalah bilyet deposito (bukan sertifikat deposito seperti di bawah).

Sertifikat Deposito, adalah surat berharga yang diterbitkan oleh bank yang bisa dicairkan oleh siapa saja yang mempunyai sertifikat tersebut. Sertifikat depositio dapat dipindahtangankan, dapat diperjualbelikan. Bank akan membayar sebesar nominal yang tertera dalam sertifikat deposito pada saat jatuh tempo.

Apakah bunga deposito bisa diambil setiap bulan?

Pada umumnya bunga deposito bisa diambil tiap bulan. Pihak bank bisa mentransfer bunga deposito tiap bulannya ke rekening yang telah ditentukan.

Apakah deposito kena pajak?

Yang kena pajak adalah bunga depositonya, sedangkan nilai pokoknya tidak kena pajak.

Sumber :

3 komentar:

damoz rocker mengatakan...

thanks informasinya sangat bermanfaat,.,

MasYoel mengatakan...

Untuk pokok yang relatif besar, apakah bila Bank BPR yang hanya menyediakan fitur Deposito Automatic Roll Over (ARO) bisa
dinegosiasikan untuk dimintakan penggunaan Automatic Roll Over (ARO) PLUS (Deposito berjangka yang secara otomatis diperpanjang untuk jangka waktu yang sama tanpa pemberitahuan atau penegasan lebih lanjut dari deposan dan bunganya akan menambah nominal pada setiap kali perpanjangan)? Dimana permintaan bunga Deposito = Bunga LPS, dan apakah keadaan ini juga dijamin LPS?

Saya berencana mau langsung mencoba nego lewat beberapa Bank, setelah saat ini berhasil nego bunga sekaligus pemilihan jangka waktu terpendeknya. Sementara ini survey dahulu lewat internet.

Terima kasih. :)
https://www.facebook.com/groups/Deposito.Bank/

asdadada mengatakan...

Bagus gan...untuk mengetahui cara menghitung bunga deposito dan informasi perbankan lainnya, silakan kunjungi

infotentangbank.blogspot.com/2015/06/v-behaviorurldefaultvmlo.html?m=1

Terima kasih

Posting Komentar